Senin, 22 Agustus 2016

Memulai Bisnis ? Siapa Takut ..

Saya belum pernah berbisnis tetapi saya suka memberi motivasi kepada teman-teman agar bisa berbisnis. Saya bukan tidak bisa atau tidak mau tetapi saya belum mampu untuk saat ini. Karena saya masih punya pekerjaan lain. Saya ingin berbagi tips agar teman-teman bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Semua tips ini belum tentu dapat di praktekkan semua. Maka pilihlah yang menurut teman-teman baik untuk di coba.
Tips memulai bisnis bagi pemula :

v  Niat
Hal pertama yang harus dilakukan dan disiapkan adalah Niat teman-teman untuk membuka bisnis.

v  Menemukan Ide
Setelah teman-teman Berniat maka temaukan ide bisnismu yang pas dengan passion kamu. Akau menyukai satu coach “ Pekerjaan yang menyenangkaan adalah pekerjaan yang dihasilkan dari hobby kita sendiri” saya lupa pengarangnya tapi coach ini sangat menginspirasi saya.

v  Memilih jenis Bisnis
Yang berikutnya pikirkan dan buatlah pemetaan jenis dan prodak bisnis apa yang ingin teman-teman geluti.

v  Mencari Informasi
Ketiga, mulainya mencari informasi tentang bisnis tersebut baik di surat kabar, berita eletronik atau searching di google/yahoo,  bila perlu jangan malu untuk berkunjung ke tempat teman atau kenalan yang sudah memproduksi hasil yang sama dengan pilihan teman-teman.

v  Menyiapkan Mental
Siapakanlah mental baja sebab ketika sudah akan memulai pasti mendapat halangan dan rintangan terutama dari orang terdekat yang selalu menggap ide yang kita miliki adalah ide yang tidak penting.

v  Berjejaring
Jika belum mampu menghasilkan sendiri, maka bangunlah kerja sama dengan teman-teman yang sudah memproduksi dengan cara menjadi reseler. Dengan begitu teman-teman juga punya banyak waktu untuk belajar. Karena dengan berjejaring teman-teman juga akan lebih muda mengontorl dan dikontrol sebagai tahap awal bagi seorang pemula. Berjejaring juga sangat bermanfaat untuk menopang kelangsungan bisnis teman-teman J

v  Yang terakhir, jadilah orang yang jujur, bertanggung jawa dan mampu memegang komitmen. Sebab jika satu konsumen kehilangn kepercayaan maka tidak menutup kemungkinan semua konsumen akan pergi dan mencari tempat lain untuk berbelanja.
Thank, selamat mencoba yes ;)


Tidak ada komentar: