Senin, 16 November 2015

Bangga Menjadi Anak Nelayan



Nelayan ? Apakah yang terlintas dipikiran kita ketika mendengar tentang nelayan ? Apa itu nelayan ? Nelayan adalah suatu pekerjaan yang tidak banyak orang mau melakukannya, tetapi banyak orang yang tidak punya pilihan dan terpaksa melakukannya.
Saya berpikir apa yang menjadai masalahnya disini ? Padahal mejadi seorang nelayan itu banyak hal yang dapat di pelajari. Kata mama sejak berusia satu bulan saya sudah dibawah mengarungi samudera. Saya anak ketiga dri tiga bersaudara, saya yang paling bungsu.
Saya bersykur menjadi anak bungsu karena mewarisi semua sifat mama dan papa saya. Mereka berdua tidak memiliki banyak kepiripan tetapi mereka sangat mirip jika sedang marah. sejak kecil saya sudah terbiasa di atas perahu, saya diajak papa untuk menemaninya mencari ikan atau sekedar mencari kayu bakar.
Dikampung saya, jika mau piknik harus menggunakan perahu atau kapal cepat kami menyebutnya body. Karena kalau jalan kaki bisa satu tahun baru sampai, becanda. Jika piknik kami membutuhkan body untuk menyeberang ke pulau seberang.
Di kampung saya juga trasportasi umum antar kecamatan adalah speed atau body, ada juga mobil, tetapi jika banyak barang enakan pakai body. Mereka harus pakai body kalau saya dan keluarga mau berkunjung ke rumah om di kecamatan sebelah biasanya kami pakai perahu. 
Menyenangkan bukan ? Setiap liburan saya pasti di laut bersama papa, menemani papa mencari ikan dan timun laut untuk dijual. Jika cuaca mendukung maka hasil yang kami peroleh juga banyak. Jika cuaca tidak memungkinkan maka kami harus ikhlas karena tidak mendapatkan hasil.
Hal menariknya adalah saya bangga menjadi seorang anak nelayan !
*SAP*

Tidak ada komentar: