Senin, 15 Desember 2014

Bhineka Tunggal Ika Masih Hidup

Bagaimana perasaan anda ketika dapat membawakan tarian asli daerahmu di tempat lain ? Apakah anda senang ? Apakah anda sedih ? Atau biasa saja. Suatu kebanggan ketika kita dapat menari tarian asli daerah kita di negeri orang. Pada hari Rabu 10 Desember 2014 Korps Mahasiswa Pemerintah Universitas Muhammadiya Yogyakarta, mengadakan Fest Gebyar Goverment Semarak Cinta Bhineka Tunggal Ika Dalam Seni Budaya dan Kuliner. 


Acara ini sangat meriah karena dihadiri oleh beberapa Ikatan Pelajar Mahasiswa yang berada di Jogja untuk turut mengambil dalam memamerkan tarian daerah dan basar makanan khas. Ada Ikatan Pelajar Mahaiswa Thailand, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sumatera, DKI dan Maluku utara.

Pada kesempatan ini Propinsi Maluku Utara turut mengambil bagian menampilkan makan khas berupa sagu, pisang coe, lalampa dan cucur. Serta mereka menampilkan foto-foto yang diberi judul wajah-wajah Maluku Utara. Mereka juga memamerkan tarian daerah yaitu soya-soya, kapita dan cakalele. Setiap daerah juga turut mengambil bagian untuk memamerkan tarian khas daerah seperti tarian Dayak, Batak dan beberapa tarian lainnya dari Jawa. 

Nuansa adat sangat terasa disni, karena pembawah acarapun memakai pakaian adat dari Sulawesi Selatan dan Tenggara. Sungguh sangat terasa ke Indonesian disini karena rata-rata penampilan dari setiap IKPM sangat menonjolkan kekhasan daerah mereka. Semoga kegiatan seperti terus dikembangkan dan di lakukan secara kontinyu. Karena mengapa ? Acara seperti sangat membantu kita untuk dapat belajar menerima adat budaya dari saudara-saudara kita yang berbedah adat budaya dengan kita. 

Semangat terus untuk menunjukan pada Dunia bahwa kekuatan kita adalah perbedaan kita.

Tidak ada komentar: